Curug Putri Palutungan Kuningan Jawa Barat

Libur Lebaran Idul Fitri 2017 seperti biasa kami berlibur ke Kota Kuningan Jawa Barat. Kota Kuningan terletak tidak jauh dari Kota Cirebon. Lepas silaturahmi dengan sanak saudara pada H+3 kami menyempatakan diri berlibur ke Curug Putri yang terletak di Bumi perkemahan Palutungan, Tempat wisata ini berada di kaki gunung Ciremai.

Jika kita ingin berkunjung ke Curug Putri  bisa melalui kota Kuningan menuju arah Majalengka. setelah melalui masjid Agung Kuningan ikuti jalan menuju ke area wisata pemandian Cigugur. setelah pemandian belok kiri kearah Palutungan.

Bagi yang sudah pernah mendaki gunung Ciremai lewat jalur Palutungan, Lokasi wisata Curug Putri kurang lebih satu kilometer setelah Pos pendaftaran pendakian Palutungan.


Tiket masuk sekitar Rp 12.500 terdiri dari tiket masuk Rp 5.000 dan tiket jasa pelayanan Rp 7.500. masih lumayan terjangkau bagi kantong kita hehehehe



Area Curug Putri terletak di dalam Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan, Sedikit mendeskripsikan Buper Palutungan. Area perkemahan lumayan luas terlindungi oleh pepohonan pinus yang tersebar cukup rapat. Tidak jauh dari pintu masuk ada area outbound kecil seperti jembatan tali dan flying fox.
 

masuk lebih dalam lagi ke arah curug terdapat lahan untuk mendirikan tenda yang cukup luas. masih di area perkemahan terdapat fasiliatas mck. mck sangat bersih karena dijaga dengan baik oleh pengelola setempat. kemudian ada musholah dan balai pertemuan. Dibeberapa lokasi terdapat juga warung-warung jajanan.
 



Dari area perkemahan jika ingin melanjutkan ke area curug / air terjun jaraknya tidak terlalu jauh, mungkin hanya sekitar 200 m sudah sampai ke lokasi. Jalan menuju curug pun mudah dan menurun. kategorinya mudah sekali hehehehe.



kenapa ya disebut curug putri ???? sekilas jika kita melihat dari jauh air terjun tsb seperti seorang putri yang sedang berdiri dengan tangan diangkat keatas. Coba perhatikan gambar dibawah ini

Mungkin karena alasan tersebut air terjun disebut curug putri. Saya sendiri belum sempat menanyakan hal tersebut kepada pengelola. ini hanya sekedar asumsi saya saja.

Aliran air dibuat kolam kolam berbentuk terasering dengan air terjun kecil diantara kolamnya. Air nya jernih sekali sehingga ikan ikan yang terdapat pada kolam dapat dilihat dari atas permukaan air.

Setelah puas bermain air di curug putri kami mengeksplore lokasi perkemahan tersebut. ada tracking jalan menuju keatas bukit dan bercabang kearah puncak air terjun. Jalan setapak tersebut juga bisa menuju langsung ke arah perkemahan.

Tidak jauh dari pintu masuk ada tempat bermain ayunan. Pengunjung disini menyebutnya ayunan 'akar'. Ayuanan akar ini memang berasal dari akar pohon. tetapi akarnya diikatkan ke pohon. bukan asli dari akar pohon. walaupun begitu cukup asik juga untuk dicoba.

Jika kalian sedang berkunjung ke Kota Kuningan silahkan mampir ke Curug Putri di Buper Palutungan. jika memiliki waktu luang lumayan lama sekalian mencoba camping. Pagi-pagi bisa langsung mandi di Curug Putri pasti segar dan mengasikkan

Selamat berlibur




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puncak Mega Gunung Puntang 2222 Mdpl di Bandung Selatan

Pendidikan Dasar XII Ants Club mulai dibuka tahun 2021