Aplikasi Android Yang Harus Dimiliki Oleh Pendaki Gunung dan Petualang di Alam Bebas

Berawal dari keinginan mendaki Gunung Haruman yang berada di wilayah Kabupaten Bandung  Jawa Barat. Gunung tersebut merupakan daerah konservasi hewan Owa Jawa yang sangat dilindungi. Owa Jawa sejenis primata anggota suku Hylobatidae. Dengan populasi tersisa antara 1.000 – 2.000 ekor saja, kera ini adalah spesies owa yang paling langka di dunia. Owa jawa menyebar terbatas (endemik) di jawa bagian barat (sumber wikipedia). Sekilas saja ya informasi Owa jawa nya hehehehe, karena kita disini akan membahas hal yang lain.

Karena bukan gunung populer terbayang pasti tidak akan menemui pendaki lain di gunung tersebut saat pendakian nanti. Informasi pendakian gunung Haruman pun sangat sedikit sekali sehingga untuk berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan perlu ada sistem navigasi untuk mendukung perjalanan ini.

iseng searching di 'playstore' dengan kata kunci 'navigation' keluarlah banyak aplikasi yang terkait dengan navigation. setelah membaca rincian singkat aplikasi terpilihlah 3 aplikasi, yaitu :  My GPS Coordinates, FollowMee dan Topography UTM.

Berikut ulasan singkat masing-masing aplikasi tersebut :
1.  My GPS Coordinates

Aplikasi ini hanya menginformasikan posisi pengguna berada di koordinat berapa. setelah data nya muncul maka dapat dikirimkan melalui email atau messenger seperti aplikasi wa,telegram atau aplikasi lainnya yang sejenis. Ini cocok digunakan untuk daerah yang memiliki sinyal selular dan tidak butuh pengetahuan dasar tentang navigasi.

2. Followmee
aplikasi FollowMee adalah aplikasi yang mengirimkan koordinat pengguna ke server followMee. Pengguna harus memiliki account terlebih dahulu, pengiriman data bisa kita set berapa menit atau berapa jam sekali. Bisa juga dibuat schedule pengiriman data dari jam berapa sampai jam berapa.  Masih banyak lagi setting lainnya yang tidak saya ungkapkan disini. 

Kelebihannya adalah Pengguna dan teman atau kelurga bisa memantau pergerakan pengguna melalui website FollowMee secara online. Penggguna juga tidak perlu memiliki pengetahuan dasar tentang navigasi. Kekurangannya adalah jika di lokasi tidak ada sinyal maka pengguna tidak dapat dipantau posisi terbaru karena data terakhir tidak dapat terkirim ke server FollowMee.

3. Topography UTM
Aplikasi ini menurut saya adalah aplikasi yang paling canggih dan dibutuhkan para pendaki gunung atau petualang di alam bebas. Selain bisa untuk memberikan informasi koordinat juga di padukan dengan peta (Map) . Jenis peta bisa bermacam-macam (TERRAIN/topography, Normal, Satelite, hibrid ). Untuk pendaki gunung cocok jenis map/peta topography karena disitu terlihat konture daerah yang datangi. 

Lokasi / koordinat yang kita inginkan mudah sekali kita tandai, seperti puncak gunung yang akan kita tuju dan titik pemberangkatan awal. Jika kita bingung dengan persimpangan yang tidak memiliki tanda dapat kita tandai dan disimpan. Hebat nya lagi aplikasi ini tidak perlu sinyal selular untuk mendapatkan koordinat kita berada. Masih banyak lagi kegunaan aplikasi ini, seperti ingin spoting bilateral dan lain sebagainya.



Kelemahan aplikasi ini adalah, titik koordinat yang dapat kita simpan hanya 3 lokasi, jika ingin menyimpan titik koordinat lain maka data sebelumnya harus dihapus terlebih dahulu.

Tetapi kekurangan ini bisa diakali dengan menyimpan capture layar sebelum menghapus data sehingga kita masih bisa menginputkan ulang data yang sudah kita hapus.Jika kita satukan data-data tersebut, maka akan terlihat titik-titik lintasan perjalanan yang sudah kita lalui lengkap dengan koordinatnya.

Aplikasi ini sangat bermanfaat sekali ketika saya melakukan pendakian ke Gunung Haruman, karena salah ambil jalan akhirnya kami malah melewati lembah yang jarang dilalui pendaki yang seharusnya jalur yang benar adalah jalur punggungan.

Bagi pengguna harus memiliki pengetahuan dasar navigasi, karena harus bisa membaca peta topography dan menyamakan arah utara peta dengan arah utara bumi.

Silahkan mencoba, jika masih bingung cara mengoperasikan ke tiga aplikasi tersebut tunggu acara open trip / hiking yang kami selenggarakan. Tanpa sungkan akan kami share cara menggunakan aplikasi dan belajar bersama tentang navigasi darat sambil mendaki gunung.

Salam rimba
AC 36 03 391 CAD


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puncak Mega Gunung Puntang 2222 Mdpl di Bandung Selatan

Curug Putri Palutungan Kuningan Jawa Barat

Pendidikan Dasar XII Ants Club mulai dibuka tahun 2021