Ants Club Family Camp di Camping Ground Mandalawangi Cibodas 5,6 Maret 2016 (bagian II)

Ditemani dingin dan sunyi nya malam tanpa terasa waktu cepat berlalu setelah asik bercengrama bersama teman-teman yang baru datang, sebagian besar rekan yang lain sudah terlelap terbungkus kantung tidur di dalam tenda masing-masing. Akhirnya mata dan tubuh ini sudah tidak sanggup lagi untuk terus hadir menikmati dan menyaksikan suasana akrab yang tercipta. selamat tidur.....

Sekitar pukul 04.00 wib ending,lifran dan kawan lain sudah terbangun. Dengan sigap mereka memasak air dan merebus jagung sisa api unggun semalam. Adzan subuh tak lama berkumandang terdengar merdu di telinga saling bersahutan bergema hasil pantulan dari bukit disekitar lokasi perkemahan.

Tak lama kemudian disusul Megaphon menyalak keras meraung raung membunyikan alarm membangunkan kami semua. Dinginya air pancuran tempat wudhu membasuh wajah membangkitkan semangat. Mushola penuh sesak saat kami memulai sholat shubuh. dipimpin oleh ustad joe. Sholat subuh berjamaah berjalan dengan khusu.

selesai sholat subuh, kami berkumpul di tengah area perkemahan. sinar mentari pagi tampak di ufuk timur menerobos disela-sela dedaunan. hembusan angin pagi pun ikut hadir melengkapi keagungan & keindahan panorama alam disekitar perkemahan. senda gurau sesekali terdengar diantara yang hadir.

Setelah semua hadir acara sumbang saran dari anggota dimulai, seperti biasa sumbang saran dimulai dari anggatan pertama PDR sampai dengan angktan 8. Semua mengungkapkan harapan dan cita-cita terhadap organisasi ants club.

Acara sumbang saran ditemani cemilan jagung rebus dan gemblong. Semua cemilan habis tandas, sampai-sampai salman "fotographer profesional" langganan ants club pun tidak kebagian. Loyalitas terhadap pekerjaan sungguh harus diacungi 2 jempol, terlihat jelas dari hasil "jepretan" nya.

Semoga hasil sumbang saran dapat direalisasikan, bukan hanya sekedar keinginan dan harapan belaka tetapi harus dilanjutkan ketahap implementasi dan eksekusi.

Disela-sela acara sumbang saran ibu-ibu ants juga tidak tinggal diam. mereka secara sukarela membentuk grup"dapur umum" menyiapkan menu makan siang untuk seluruh peserta.

Selesai acara sumbang saran, dilanjutkan dengan acara games untuk seluruh peserta. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa ikut berpartisipasi. Ada beberapa games yang dilombakan, yaitu :
  1. lomba bakiah beregu anak-anak, lomba bakiah beregu keluarga & lomba bakiah beregu jomblo (anggota yang tidak membawa istri atau anak-anak nya).
  2. lomba pesan berantai anak-anak

Sepertinya ini lomba sepele dan tidak ada arti, tetapi kenyataannya semua peserta mengeluarkan segala kemampuannya untuk memenangi lomba. Terlihat dari foto-foto berikut, biarlah foto yang berbicara. hadeuhhh......

Sebetulnya kami menyiapkan beberapa lomba lagi tetapi karena keterbatasan waktu dan kedatangan peserta, akhirnya hanya kedua lomba tersebut yang dapat dilaksanakan.

Siang menjelang saat lomba selesai dilaksanakan. perut pun sangat paham setelah seluruh energi terkuras, dia mengetuk lambung-lambung kami untuk segera di "recharge". makan pun telah siap tersaji dengan menu nasi liwet panas, sayur asem, teri medan plus kacang, ayam goreng dsb. kami pun makan bersama, hmmm lezat nya. terima kasih kepada ibu-ibu ants

Disela-sela sesi "botram" (istilah orang bandung untuk makan bersama) pembagian hadiah lomba dan doorprice juga dilaksanakan. aneka accesories gunung seperti : sendal gunung, kompor gas lapangan, baju planel, jaket columbia, sweeter, kaca mata, bandana dsb dibagikan keseluruh peserta. doorprice ini hasil sumbangan dari para donatur yang tidak dapat saya sebutkan satu-satu. Terima kasih para donatur yang telah ikut berpartisifasi memeriahkan acara family camp ini.

Tak disangka-sangka Edis datang mengunjungi kami di perkemahan. Perjuangan beliau patut diacungi jempol karena dari rumah sampai ke lokasi harus berganti alat angkutan 5x. Berangkat dari rumah selepas subuh, harus menembus kemacetan yang luar biasa di jalur ciawi-puncak. Berganti alat angkut dari kereta api, angkot, gojek, taxi, andong (hhhmmm kalau yang terakhir berlebihan deh...) dll, hanya untuk berkumpul bersama kami. Luar biasa perjuangan kaka yang satu ini.

Waktu telah menunjukan pukul 11.00 wib, it's time to go to waterfall. "kita mandi-mandi kaka...." hehehehe.
Coba cermati dari foto-foto di atas, ada sesuatu yang ganjil ga ???? sekilas foto tersebut terlihat normal ya...
Jika kita membaca cerita dari bagian I sampai dengan bagian II dengan cermat, kita pasti akan mengetahui keganjilan tersebut.

Perhatikan foto anak-anak dengan latar belakang air terjun. Ketika mereka datang ke lokasi perkemahan family camp, semua tidak saling kenal, baru pertama kali mereka berjumpa. Tetapi setelah berkumpul dan melakukan banyak aktivitas, mereka akrab dan saling berbincang satu sama lain dan tidak rikuh ketika diminta foto bersama. Mereka seperti sudah kenal lama sekali. Itu lah falsafah / kredo Ants Club "bertemu berteman bersaudara" yang tertanam erat di hati kami. Falsah tersebut kami teruskan ke anak-anak kami, Setelah mereka bertemu tanpa butuh waktu mereka sudah berteman dan seolah-olah sudah menjadi saudara, Luar biasa Ants Club ini. Kalau meminjam istilah Izul "Ants Club memang ga ada mati nya.....!!!!"

Selesai main air tak terasa adzan dzuhur berkumandang. Kami semua bergegas ke mushola untuk menunaikan sholat dzuhur dan jama ashar berjamaah.

Ini lah nikmat nya berwisata tanpa meninggalkan kewajiban kami sebagai muslim. Setiap waktu sholat tiba, kami selalu bergegas untuk menunaikannya. Semoga amal ibadah kami di ridhoi ALLAH SWT, Amin...
Selesai sholat berjamaah, tenda dirubuhkan dan "carrier" kembali kami "packing" untuk persiapan pulang, selesai packing sejenak sesi pengambilan foto.

Dilanjutkan dengan sesi pengangkatan anggota baru KHT yaitu Salman. beliau patut mendapatkan penghargaan tersebut karena tanpa lelah selalu mendampingi kami dalam kisah suka dan duka. Tak terasa telah lebih dari 20 tahun beliau ikut tumbuh bersama dan memiliki andil besar dalam mempertahankan "rumah besar" kami. Welcome home Salman....

Seperti dahulu setiap selesai acara, lokasi perkemahan dibersihkan tanpa meninggalkan sampah. Sampah dikumpulkan pada satu tempat agar pihak pengelola mudah mengangkutnya. Lokasi bersih kembali seperti disaat kami datang. "Lestarikan alam ini untuk generasi penerus kami" jadi ingat lirik lagu Ants hehehehe

Terima kasih kepada :
16. Lifran
17. Wafa, Teti & keluarga
18. Salman & keluarga

yang sudah hadir memeriahkan acara Ants Club Family Camp dan memperingati 25 tahun Ants Club. Semoga kita dapat berkumpul kembali dimasa-masa yang akan datang dengan suasana lebih baik lagi.